tanaman obat

10 Tanaman Obat Beserta Khasiatnya Bagi Tubuh Kita

Bukainfo.net – Tanaman obat atau yang lebih sering dikenal dengan apotik hidup sangatlah penting untuk kita tanam di sekitar rumah. Hal ini karna tanaman obat memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh kita.

Pada zaman dahulu sebelum terdapat dunia medis orang orang hanya memanfaatkan tumbuh tumbuhan sebagai bahan obat dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit luar maupun penyakit dalam.

Sealin itu, apotik hidup juga bisa di manfaatkan sebagai ramuan ramuan atau jamu untuk menambah kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis tanaman obat yang biasa di manfaatkan, seperti jahe, kunyit, kencur, temulawak, mengkudu, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 5 Tanaman Obat yang wajib ditanam di rumah

Dari berbagai jenis tanaman tersebut tentu memiliki khasiat yang berbeda beda, seperti jahe misalnya, jahe memiliki manfaat sebagai ramuan penghangat badan, anti masuk angin, dan dapat menambah daya tahan tubuh.

Selain itu apakah masih ada manfaat dari tanaman obat ?

Tentu saja ada, apotik hidup atau tamanam obat masih memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Berikut berbagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat tersebut.

1. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat tradisional yang dapat di gunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung. Tanaman ini juga seringkali di pakai sebagai penambah nafsu makan.

Namun, temulawak dapat menimbulkan efek samping apabila di konsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang, yakni dapat menyebabkan iritasi pada lambung hingga muntah.

2. Daun Sirih

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih, orang zaman dahulu sering memanfaatkan daun serih sebagai pembersih gigi atau ramuan pelindung gigi. Maka tak heran jika banyak orang orang tua dulu masih memiliki gigi yang utuh walau usianya sudah tidak muda lagi.

Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Daun sirih mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat di dalamnya yang sangat di perlukan oleh tunuh. Maka tak heran jika daun sirih di kelompokan kedalam jenis tanaman apotik hidup.

Selain itu, daun sirih juga mengandung sejumlah zat kimiawi, seperti minyak sirih, chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, dan campene. Inilah yang membuat daun sirih di kenal sebagai obat herbal dalam membantu pengobatan berbagai macam penyakit.

Antioksidan tannin dalam daun sirih juga mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka.

Menurut beberapa hasil penelitian, ada beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan, antara lain sebagai antidiabetes, antikanker, antibakteri, antimalaria, antiasma, menurunkan kadar kolesterol, menyembuhkan luka, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung.

3. Kencur

Tanaman rimpang satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, di antaranya sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita, serta mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

Di beberapa daerah yang ada di indonesia, kencur sering digunakan untuk ramuan kecantikan kulit atau masker alami agar kulit lebih awat muda. Namun hal ini belum terbukti kebenarannya karna belum ada penelitian yang meyatakan hal tersebut.

4. jahe

Jika berbicara tentang tanaman obat, tentu jahe tidak mungkin ketinggalan untuk kita bahas. Sejak zaman dahulu jahe sudah menjadi primadona bagi kebanyakan masyarakat indonsia karna mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita.

Jahe dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

5. Kunyit

Tanaman yang masih berkerabat dengan temulawak ini ternyata miliki banyak manfaat tersembunyi di dalammya. Diantaranya sebagai antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker.

Karna mengandung banyak sekalimanfaat bagi tubuh kita, maka tak heran jika tanamn ini sering kita jumpai di pekarangan atau kebun kebun di sekitar kita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda