Memilih Bibit Sapi Ternak yang Unggul

Bibit Sapi Yang Bagus Untuk Di Pelihara – Pemula Wajib Tahu

Bukainfo.net – Sejak zaman dahulu sapi telah mejadi hewan peliharaan bagi kebanyakan orang. Oleh karna itu, banyak orang  yang bertanya tanya tentang ciri ciri bibit sapi yang bagus untuk di pelihara.

Pemilihan bibit sapi yang unggul tentu saja akan sangat menunjang keberhasilan dalam usaha peternakan sapi.

Sapi yang bagus umumnya memliki fisik yang sehat tanpa ada cacat sedikit pun. Namun, hal tersebut belum menentukan sapi itu adalah bibit unggul atau bukan.

baca juga : Tips mempercepat penggemukan sapi

Selain kondisi fisik yang prima, bibit-sapi yang unggul memiliki beberapa ciri ciri khusus, baik dari luar ataupun dari dalam tubuh sapi.

Berikut ciri ciri bibit sapi yang bagus untuk di pelihara

Bentuk tubuh yang proposional,  yaitu sapi memiliki bentuk tubuh yang  kokoh dengan tulang tulang yang besar  serta memiliki tubuh yang lebar.

Memiliki kaki kaki yang besar dan terlihat sangat kokoh. Sapi dengan kaki yang besar menunjukkan bahwa pertumbuhan sapi kedepannya akan sangat baik.

Selain kaki yang besar sapi juga harus memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Sapi yang memiliki tubuh yang panjang menunjukan bahwa sapi memiliki pertumbuhan yang baik dan normal.

baca juga : membuat pakan comboran untuk sapi

Tinggi antara kaki depan dan kaki belakang sama rata atau tidak tinggi di sebelah sisi sapi.

Memiliki nafsu makan yang baik. Sapi yang memiliki nafsu makan yang bagus tentu akan mempercepat proses pertumbuan dan perkembangan nya.

Tips memilih bibit sapi yang unggul

Agar ternak sapi memiliki perkembangan yang baik saat di pelihara, tentu kita harus memilih bibit sapi yang unggul. Berikut tips memillih bibitsapi yang unggul.

Jika kita ingin beternak untuk penggemukan sebaik nya kita memilih sapi yang berumur kurang dari satu tahun. Sapi yang berumur kurang dari satu tahun masih berpotensi memiliki perkembangan yang pesat.

Lain halnya jika kita ingin bertenak untuk peranakan, sebaiknya kita memilih sapi yang berumur lebih dari satu tahun. Dengan demikian kita tidak terlalu lama dalam menunggu proses birahi pada sapi sehingga akan memaksimalkan waktu perkembangan biakan sapi.

 

Itulah beberapa ciri ciri sapi yang bagus dan tips memilih bibit sapi unggul untuk memaksimalkan perkembangan sapi saat di pelihara.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda