Teknologi

Cara Membuat Website Terlengkap Dari Awal Hingga Ahir

cara membuat website

Bukainfo.net –  Saat ini website sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mempermudah permasalahan dalam kehidupan sehari hari. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin sekali cara membuat website.

Banyak orang mulai membuat website dan mulai membagikan informasi informasi yang unik dan menarik. Pembuatan website sendiri memiliki tujuan yang berbeda beda, ada yang digunakan untuk bisnis dan ada juga yang hanya untuk membagikan informasi atau pengalaman pribadi.

Baca juga : Berikut daftar situs pasang iklan dengan bayaran besar

Dengan membuat website kita juga bisa memdapatkan keuntungan dari website tersebut, misalnya dengan mendaftarkannya ke google adsense. Dengan ini maka kita bisa mendapat penghasilan tambahan dari website yang kita buat.

Lalu bagaimana cara membuat website ?

Langkah pertama yang perlu kita cari adalah tujuan dari pembuatan website tersebut, apakah sebagai bisnis, atau untuk berbagi informasi.

Setelah kita menemukan tujuan pembuatan website, selanjutnya kita harus memilih CMS atau tempat dari pembuatan website tersebut. Miasalnya kita membuat menggunakan wordpress.

Perlu kita ketahui 34,5 persen website yang ada di dunia dibuat dengan menggunakan wordpress, atau sekitar 60 juta lebih pengguna. Maka kita tidak perlu ragu menggunakan wordpress untuk membuat website.

Cara membuat website dengan wordpress ?

Sebelum membuat website dengan wordpress, kita wajib tahu dulu apa itu wordpress. WordPress ialah CMS yang berfungsi untuk mempermudah dalam membuat website. WordPress sendiri terbagi menjadi dua yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

WordPress.com

WordPress.com memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan tanpa harus membeli hosting ataupun domain, hampir sama dengan blogspot atau blogger.

Namun kelemahannya ialah kita tidak bisa leluasa mengedit website, hal ini karna wordpress.com tidak memiliki fitur yang begitu lengkap. Selain itu wordpress.com juga akan memiliki haringan domain wordpress.com, misalnya Namadomain.wordpress.com.

WordPress.org

Hampir sama dengan wordpress.com, wordpress.org juga memiliki kelebihan dan kekurangan didalammnya. Namun kebanyakan orang lebih memilih wordpress.org karna beberapa alasannya masing masing.

Kelebihan wordpress.org ialah kita leluasa mengedit tampilan_website dengan berbagai fitur canggih yang di sediakan dan plugin plugin yang akan sangat memudahkan dalam pembuatan_website tersebut.

Kelemahannya sendiri ialah kita harus membeli hosting dan domain untuk mengonlinekan website yang kita buat. Selain itu, kita juga membutuhkan softwere  tambahan seperti  XAMPP untuk mempermudah pembuatannya.

Setelah kita mengetahui apa itu wordpress, maka mari kita mulai membuat_website menggunakan wordpress. Berikut langkah langkahnya.

Pertama install XAMPP ke komputer kita, selanjutnya unduh file wordpress di laman resmi wordpress.org. Ekstrak file dan ganti nama nya ( misalnya : mywebsite), lalu masukan file tersebut kedalam folder htdocs yang ada didalam folder XAMPP.

Setelah itu, aktifkan XAMPP dan buka broser, lalu ketikan  localhost/mywebsite. Maka kita akan di bawa ke dalam proses penginstalan.

Setelah preses penginstalan selesai maka tinggal melakukan pengeditan_website dari mulai templet, plugin, dan menambahkan menu menu kedalamnya.

Untuk mengedit kita harus masuk ke dasboard_website kita, caranya dengan mengetikan localhost/mywebsite/wp-admin, lalu isikan username dan passwornya dan klik login.

Cara membeli hosting dan domain

Setelah berhasil membuat tampilan_website menjadi lebih menarik, langkah selanjutnya ialah mengonlinekan website dengan membeli hosting dan domain.

Banyak sekali layanan reseller hosting dan domain yang bisa kita gunakan, seperti Niagahoster, Hostinger, Rumahweb, dan lain lain.

Baca juga : Cara daftar hosting gratis seumur hidup

Biasanya jika kita membeli hosting maka kita akan mendapat domain gratis, sehingga kita tidak perlu membeli domain lagi.

Banyak sekali pilihan paket hosting yang bisa kita pilih mulai 10 ribu – 50 ribu per bulan, kita juga bisa membelinya dengan harga tahunan.

Namun kami sarankan jika kita ingin membuat website untuk berbagi artikel saja maka sebaiknya kita membeli hosting yang standart saja. Agar biaya yang dikelurkan tidak terlalu besar.

Cara agar website kita muncul di halaman 1 google

Agar website kita tampil di halaman satu google maka kita harus melakukan optimasi SOE pada website kita. Ada beberapa langkah seo yang bisa kita lakukan seperti analisis keyword, optimasi kecepatan webseite dan lain lain.

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda