Teknologi

Cara Mempercepat Windows 10 Terbukti Ampuh

windows 10

bukainfo.net – Mengalami masalah pada Windows 10? atau merasakan bahwa perfoma sistem Windows 10 terasa lambat?.

Hal tersebut tentu pernah dialami hampir setiap pengguna Windows 10, terlepas itu akibat yang ditimbulkan oleh faktor Human error atau sistem Windows 10 itu sendiri.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa metode yang bisa kamu gunakan agar membuat perfoma Windows 10 menjadi ngacir kembali.

Secara teknis memang sama dengan versi sebelumnya seperti Windows 7, dan Windows 8.1, tetapi ada langkah-langkah yang berbeda dan penambahkan berdasarkan fitur baru di Windows 10.

Pada kesempatan kali ini saya akan berikan beberapa cara yang benar-benar ampuh untuk mempercepat Windows 10 kamu, hingga menjadi ringan, dan anti lemot.

Memenuhi Standar Kebutuhan Sistem

standar kebutuhan sistem windows 10

Tentunya Microsoft mengeluarkan info system requitment bukan karena tanpa alasan. Jadi sebelum kamu menginstal Windows 10, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu standard hardware yang diperlukan,

  • Processor : 1 Gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
  • RAM : 2 GB for 32-bit and 4 GB for 64-bit
  • Hard disk space : 16 GB for 32-bit OS or 20 GB for 64-bit OS
  • Graphics card : Direct X 9 or later with WDDM 1.0 driver
  • Display : 800 by 600 resolution

Selengkapnya bisa kamu lihat melalui halaman Microsoft.

Meskipun dalam beberapa kasus Windows 10 bisa dijalankan pada system requitment dibawah standar diatas, namun belum tentu perfoma sistem bisa berjalan dengan stabil/lancar atau bahkan lebih parahnya lagi komputer dapat sering mengalami blue-screen.

Mematikan Background Apps

backround apps

Aplikasi yang berjalan dibelakang/background tentunya memakan resource RAM, terlepas dari desktop apps ataupun Modern Apps. Untuk desktop apps, kamu bisa mematikannnya melalui Task Manager.

backround apps2

Untuk modern apps, bisa kamu matikan melalui halaman Settings. Dan mematikan modern apps ini bisa menghemat bandwith internet, karena rata-rata apps Windows 10 memakan bandwith secara diam-diam.

Menon-aktifkan Beberapa Aplikasi Startup

startup

Ada beberapa aplikasi yang secara otomatis berjalan ketika PC baru dinyalakan, hal tersebut dapat mempengaruhi kecepatan sistem dalam melakukan booting.

Terlebih jika aplikasi startup tersebut tidak begitu kamu perlukan. Maka dari itu kamu bisa pertimbangkan untuk menon-aktifkannya.

Melakukan Uninstall pada Aplikasi yang Sudah Tidak Diperlukan

uninstall

Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan sebagai salah satu cara untuk menghemat ruang hardisk ataupun mematikan service (yang memakan resource) pada aplikasi tersebut.

Terlebih jika kamu menggunakan PC/Laptop OEM yang biasanya terdapat banyak software bawaan pabrik.

Mematikan Visual Effect

visual effect

Windows 10 dilengkapi dengan efek animasi untuk membuat tampilannya semakin bagus, namun animasi dapat menambah beban kerja Sistem.

Jika kamu lebih mementingan perfoma dibandingan tampilan Windows 10 yang interaktif, maka kamu bisa mematikan opsi Visual Effect.

Dengan mematikan opsi ini, maka kamu bisa bernavigasi di Windows 10 dengan cepat.

Ganti settingan power plan

power plan

Settingan power plan juga bisa berpengaruh pada performa Windows 10, saat berada pada mode Power saver plan maka Windows secara otomatis akan menurunkan performa dengan mengurangi performa CPU dan memory dengan tujuan untuk lebih menghemat daya.

Untuk meningkatkan performa Windows 10 maka kita harus menggunakan settingan high performance.

Dengan kata lain kita hanya menggunakan power saver plan saat benar-benar diperlukan saja, contohnya jika kamu menggunakan laptop dengan baterai yang hampir habis.

Bersihkan bloatware, adware, dan spyware dari PC

spyware, adware, bloatware

Komputer yang dipenuhi oleh bloatware, adware, dan spyware sudah pasti akan mengalami penurunan pada performanya, pada kasus yang parah bahkan bisa membuat Windows sering crash.

Program-program merugikan tersebut biasanya tersisip masuk saat Anda menginstall program yang diunduh sembarangan, atau program bajakan.

Untuk mencegah agar program tersebut tidak membuat Windows 10 menjadi lambat, maka kita harus membersihkannya menggunakan antivirus.

Untungnya Windows 10 sudah dibekali dengan Windows Security (dulu namanya Windows Defender), antivirus yang cukup dapat diandalkan untuk mencegah berbagai serangan malware.

Yang perlu kita lakukan adalah memastikan Windows Security selalu update, dan aktifkan real-time protection untuk mencegah malware masuk saat berselancar di dunia maya.

melakukan Disk Cleanup

disk cleanup

Ruang penyimpanan yang semakin penuh terutama yang digunakan untuk menyimpan file sistem bisa menurunkan performa Windows 10.

Oleh karena itu kita harus memastikan ruang penyimpanan yang ada tidak sampai penuh. Fitur Disk Cleanup bisa kita manfaatkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Disk cleanup adalah salah satu utilitas di Windows yang sudah ada sejak lama, tapi kebanyakan pengguna jarang menggunakannya, padahal fitur ini cukup bagus untuk melakukan pembersihkan file-file sampah seperti temporary file, cache, thumbnail, dan file-file yang sudah tidak kita perlukan lagi.

Untuk mempercepat Windows 10 kita harus membersihkan file-file sampah yang menumpuk tersebut.

Update Windows dan Driver

update windows

Dengan mengupdate sistem maka kamu bisa menutup celah bug karena menggunakan sistem yang up to date. 

Hal tersebut tentunya juga berlaku pada Driver, dengan software driver yang up to date, maka kinerja antara hardware dan sistem operasi akan semakin optimal. Oleh karena itu, melakukan update secara berkala sangat disarankan bagi pengguna Windows 10.

Upgrade Hardware

upgrade hardware

Ini akan menjadi cara terakhir untuk mempercepat windows 10 kamu.

Jika kamu memiliki budget lebih, maka kamu bisa coba untuk upgrade hardware pada PC/Laptop jika masih dibawah standard. Entah itu Processor, VGA, RAM, ataupun Hardisk (kamu bisa mencoba untuk menggunakan SSD untuk perfoma yang lebih baik).

 

kami juga memliki tips untuk mempercepat smartphone android anda yang sudah mulai lelet, buka artikel ini : Cara mempercepat smartphone yang mulai lambat

 

Itulah beberapa cara mempercepat windows 10 dari kami, silahkan dicoba pada laptop/PC anda yang sudah mulai lambat seperti siput dan beritahu kami hasilanya di kolom komentar.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda