Ekonomi

Cara Menanam Jahe di Polibag | Penghasilan Jutaan Rupiah

menanam jahe di polibag

Bukainfo.net – Menanam jahe di polibag sering di pandang sebelah mata oleh sebagian orang. Namun tanpa kita sadari menanan jahe di polibag memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi.

Hal ini di dukung kerena jahe merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Oleh sebab itu, banyak orang yang menanam jahe di pekarangan rumah sebagai tanaman obat atau bumbu dapur.

Banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan seperti menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, memperkuat daya tahan tubuh dan masih banyak lagi.

Baca juga : cara menanam jahe  dengan keuntungan puluhan juta

Karena memiliki banyak kegunaan, harga jahe dipasaran pun tergolong sangat tinggi dibanding tanaman rempah lainnya. Harga jahe di pasaran terus mengalai kenaikan sekitar 40 – 50 ribu per kilo gram. Bahkan di beberapa daerah harga jahe mencapai 100 – 120 ribu perkilo gram.

Dalam sebuah riset beberapa petani jahe, dalam satu polibag jahe dapat mengahilkan kurang lebih 5 – 7 ons jahe.

Jika harga minimal jahe sebesar 35.000 maka dalam satu polibag petani dapat mengantongi uang sebesar 20 – 30 ribu. Jika petani memiliki 100 polibag maka ia bisa mengantongi uang sebesar 200 – 300 ribu.

Harga jahe yang tinggi harus di manfaat oleh para petani sebagai sumber penghasilan mereka. Namun petani harus menanam jahe dengan cara yang benar agar mendapat hasil panen yang memuaskan. Berikut cara menanam jahe yang banar.

Cara Menanam Jahe di Polibag

1. Menyiapkan media tanam yang baik

Media tanam yang baik akan mempengaruhi perkembangan jahe dan hasil panen. Jika media tanam yang digunakan memiliki kesuburan yang baik maka hasil panen yang banyak sudah menjadi kepastian.

Untuk mendapatkan media tanam yang baik kita harus menggunakan beberapa bahan seperti sekam padi, sisa sisa sayuran, pupuk kandang, dan bahan organik lain.

Sekam padi harus di bakar terlebih dahulu, lalu campur dengan tanah, pupuk kandang, bahan organik, dan selanjutnya dibiarkan beberapa hari agar terfermentasi dengan sempurna. (catatan : untuk hasil yang maksimal gunakan kotoran kambing)

2. Memilih benih jahe yang baik

Benih jahe yang baik harus berumur lebih dari 10 bulan, hal ini sangat mempengaruhi farietas jahe kedepannya. Untuk mendapat benih jahe yang baik sebaiknya anda membelinya langsung pada petani jahe.

Jahe yang sudah berumur lebih dari 10 bulan biasanya kulitnya berwarna kecoklatan dan teksturnya lebih kasar. Berbeda dengan jahe yang masih muda biasanya kulitnya bening dan teksturnya lebih halus.

Untuk memaksimalkan jumlah benih jahe, maka potong potong jahe sekitar 3 cm berdasarkan ruas jahe. Selanjutnya rendam benih jahe dalam larutan fungisida (antrakol) agar terhindar dari pembusukan rimpang.

Sebelum di tanam di polibag sebaiknya semai jahe terlebih dahulu sampai tumbuh sekitar 15 cm.

3. Perawatan tanaman jahe

Agar jahe dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan rimpang yang banyak kita harus merawat jahe dengan benar.  Perawatan jahe harus di lakukan secara berkala agar hasil panen yang di hasilkan menjadi lebih banyak.

Penanaman

Jangan menanam jahe terlalu dalam agar akar jahe dapat berkembangan dengan baik, cukup kubur sekitar 3 – 5 cm bagian batang jahe.

Pemupukan

Agar hasil panen maksimal pemupukan harus dilakukan secara rutin sekitar 15 hari sekali. Gunakan pupuk NPK agar rimpang yang dihasilkan jahe menjadi besar dan banyak.

Gunakan pula pupuk kandang agar tanah di dalam polibag menjadi lebih gembur dan rimpang jahe yang di hasilkan menjadi lebih besar.

Penambahan media tanam

Agar tanaman jahe dapat berkembang dengan baik anda harus menambahkan media tanam sekitar 50 – 60 hari sekali. Hal ini bertujuan agar rimpang yang di hasilkan menjadi lebih banyak dan bertumpuk tumpuk.

Itu tadi cara menanam jahe di polibag, sebenarnya menanam jahe tidaklah membutuhkan ketrampilan khusu melainkan kerja keras dan keuletan yang menjadi kunci utama kesuksesan nya.

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa share agar yang juga mendapat manfaat yang sama.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda