cara mengatasi wereng

Cara Mengatasi Wereng di Jamin Paling Ampuh

Bukainfo.net – Hama wereng ahir ahir ini menjadi musuh utama bagi para petani di Indonesia. Banyak petani yang mencari cara mengatasi wereng, namun tak jarang hama wereng sangat sulit untuk diatasi.

Wereng merupakan serangga kecil yang memiliki bentuk seperti lalat. Namun, wereng menjadi musuh besar bagi para petani karena bisa mematikan tanaman padi dalam waktu yang singkat. Tak jarang wereng membuat petani mengalami kegagalan panen dan merugi.

Sebenarnya sudah ada beberapa produk obat obatan padi yang khusus untuk membasmi hama wereng. Namun, karna harganya yang sangat tinggi membuat banyak petani tak mampu untuk membelinya.

Baca juga : cara menanam padi agar mandapat panen melimpah

Ternyata berdasarkan exsperimen di lapangan terdapat beberapa produk rumah tangga yang bisa di gunakan untuk membasmi hama wereng.

Tentu hal ini akan sangat membantu para petani karna selain harganya yang murang produk ini juga sangat mudah di jumpai.

Berikut cara mengatasi wereng dengan produk rumah tangga

Produk rumah tangga berikut terbukti ampuh membasmi hama wereng dengan sangat cepat. Sudah banyak petani yang mencobanya dan kebanyakan berhasil.

1. Menggunakan Wipol

Wipol merupakan cairan disinfektan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri. Wipol umumnya diguakan untuk pembersih lantai atau barang barang rumah tangga.

Ternyata wipol terbukti ampuh membasmi hama wereng pada tanaman padi. Hal ini sudah di buktikan oleh banyak petani dan kebanyakan mengaku berhasil.

Dengan menggunakan wipol tentu saja akan meringankan beban para petani karena harga wipol yang tergolong murah dan mudah untuk di dapat.

2. Menggunakan Autan

Autan merupakan obat anti nyamun, namun autan juga bisa digunakan untuk mengatasi hama wereng. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan eksperimen para petani, dan hasilnya autan memang terbukti ampuh untuk mengatasi hama wereng.

Dengan menggunakan autan para petani tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karna harga autan tergolong murah meriah.

3. Menggunakan Sabun

Seperti halnya wipol, sabun juga bisa di gunakan untuk mengatasi hama wereng pada tanaman padi. Hal ini karna sabun mengandung zat yang mampu membunuh kuman bahkan serangga.

Sabun yang bisa digunakan ialah sabun cuci baju seperti sabun ekonomi, ming, bom, rinso, dan lain lain.

Untuk hasil yang maksimal anda bisa campurkan dengan wipol agar khasiatnya bertambah dua kali lipat.

4. Menggunakan Obat keong atau siput

Obat keong atau siput ternyata juga bisa di gunakan untuk mengatsi hama wereng. Hal ini di lansir berdasarkan pengalaman para petani yang sudah membuktikannya.

Dengan menggunakan obat keong patani tak harus galau kembali memikirkan hama wereng. Karna dengan obat keong pasti wereng yang meyerang tanaman padi akan mati setelah di lakukan penyemprotan.

Itulah beberapa cara mengatasi hama wereng dengan produk rumah tangga, dengan di temukannya cara ini di harap akan meringankan bebeban para petani.

Tips agar tanaman padi terhindar dari wereng

Sebenarnya hama wereng bisa di cegah ketika ketika tanaman padi masih dalam penyemaian. Dengan perawatan dari awal di jamin hama wereng akan mati sebelum berkembang biak.

Dengan mencegah perkembangbiakan hama wereng dari awal pasti tanaman padi akan terhindar dari hama wereng pada kemudian hari.

Baca juga : review benih padi yang akan meningkatkan hasil panen

Untuk mencegah perkembangan hawa wereng anda harus menggunakan obat seperti virtako yang terbuktik ampuh membasmi hama wereng. Namun, karna harganya yang tergolong mahal membuat banyak petani kurang mampu untuk membelinya.

Untuk itu kita bisa gunakan beberapa cara di atas, karna cara tersebut sudah terbukti ampuh untuk membasmi hama wereng.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda