cara menghemat gas elpiji

Cara Menghemat Gas Elpiji, Biar Lebih Hemat Anggaran

Bukainfo.net –  Gas elpiji sudah menjadi kebutuhan bagi setiap rumah tangga, namun seringkali gas yang kita gunakan terkadang terasa cepat habis. Jangan khawatir, berikut cara menghemat gas elpiji biar lebih hemat anggaran.

Penggunaan gas elpiji terkadang menimbulkan pro dan kontra. Ada beberapa kendala yang menjadikan sebagian orang lebih memilih menggunakan kayu bakar di banding gas elpiji.

Banyak sekali alasan yang menyertainya, salah satunya karna borosnya penggunaan gas dan mahalnya harga gas elpiji di pasaran.

Baca juga : Usaha dipedesaan yang paling menguntungkan

Namun jika kita perhatikan lebih lanjut, ternyata borosnya penggunaan gas elpiji dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Sehingga jika kita dapat menangani faktor – faktor tersebut penggunaan gas elpiji kita akan terasa lebih awet.

Berikut faktor penyebab borosnya gas elpiji

Sering kita sadari penggunaan gas elpiji dirumah kita terkadang terasa sangat boros. Ternyata, ada beberapa faktor yang menyebabkan penggunaan gas akan cepat habis. Berikut beberapa faktor tersebut.

1. Penggunaan Alat Masak yang Terlalu Besar

Seperti kita ketahui proses memasak memerlukan konduktor berupa almunium yaitu dandang atau panci. Alumunium merupakan konduktor atau penghantar panas, sehingga ketika kita memasak panas dari kompor dapat merambat ke masakan.

Jika konduktor (panci atau wajan) terlalu besar maka gas yang dibutuhkan untuk memanaskan  makanan pun akan besar pula. Sehingga penggunaan gas yang di perlukan pun akan banyak dan membuat penggunaannya menjadi lebih boros.

2. Penggunaan Api Terlalu Besar

Seringkali saat menggunakan kompor kita tidak memperhatikan kesesuaikan besaran api. Jika api yang di gunakan terlalu besar maka isi tabung gas elpiji pun akan cepat habis.

Sebaiknya kita selalu menyesuaikan besaran api agar penggunaan gas elpiji lebih efektif dan effesien.

3. Kebocoran Pada Selang Kompor

Selang kompor yang tidak memenuhi standar SNI akan lebih cepat rusak atau bocor, sehingga akan banyak gas yang terbuang dan menyebabkan gas elpiji dua kali lebih boros dari biasanya.

Sebaiknya anda menggunakan semua komponen kompor yang memnuhi standar SNI. Selain lebih tahan lama tentunya akan meminimalisir terjadinya kebocoran gas.

Baca juga : Cara ternak ayam burung puyuh

Nah itu tadi beberapa faktor yang menyebabkan penggunaan gas elpiji di rumah anda menjadi lebih boros.

Lalu apakah ada solusi dari permasalahan tersebut ? tentu saja ada. Yuk simak lebih lanjut cara menghemat gas elpiji agar meringankan pengeluaran rumah tangga.

Cara menghemat gas elpiji untuk menekan pengeluaran harian

Seperti kita ketahui penggunaan gas elpiji berlebihan akan menyebabkan membengkaknya pengeluaran bulanan rumah tangga. Namun kita tak perlu khawatir, ternyata ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghemat penggunaan gas elpiji.

1. Menggunakan Alat Masak Sesuai kebutuhan

Seperti sudah kita ketahui bersama penggunaan alat masak yang terlalu besar akan menyebabkan pemborosan pada gas elpiji yang kita gunakan.

Ada baiknya untuk lebih menghemat penggunaan gas, sebaiknya kita menggunaan alat masak sesuai kebutuhan yang di perlukan saja.

2. Posri Masakan Tidak Terlalu Banyak

 Jumlah masakan akan sangat mempengaruhi penggunaan gas elpiji. Jika kita menggunakan gas untuk memasak dengan jumlah yang terlalu banyak maka gas yang di keluarkan pun akan sangat banyak.

Ada baiknya kita lebih bijak dalam penggunaan gas elpiji, misalnya jangan memasak air dengan jumlah yang banyak.

Jika memang terpaksa memasak air dengan jumlah yang banyak, sebaiknya kita membaginya dalam beberapa tahap, sehingga penggunaan gas elpiji pun tidak terlalu boros.

3. Penggunaan Alat Masak Stainless

Penggunaan alat masak stainless  akan lebih menghemat penggunaan gas saat memasak makanam. Hal itu karna, stainless merupakan penghantar panas yang baik (konduktor) sehingga dapat memaksimaklan panas yang dikeluarkan oleh gas.

Sebaliknya jika kita menggunakan alat masak yang terbuat dari almunium seperti dandang atau wajan maka penggunaan gas pun akan lebih banyak. Hal tersebut karena almunium bukanlah penghantar panas yang baik sehingga akan memrlukan penggunaan gas yang banyak saat di gunakan.

Itulah beberapa cara faktor yang menyebabkan penggunaan gas elpiji menjadi boros dan cara mengatsinya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share agar semua orang menerima manfaat yang sama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda