Ekonomi

Cara Ternak kelinci Omset Hingga Jutaan Rupiah per Bulan

ternak kelinci

Bukainfo.net –  Ternak kelinci merupakan usaha trobosan bagi kaum milenial yang ingin bergelut di dunia peternakan. Tak heran karna ternak kelinci memiliki peluang yang sangat besar dengan keuntungan mencapai jutaan rupiah per bulan.

Saat ini permintaan kelinci dipasaran masih sangat banyak, baik itu kelinci hias ataupun kelinci pedaging. Oleh karna itu, ternak kelinci memiliki potensi yang sangat besar bagi para peternak pemula yang ingin mencoba berternak kelinci.

Selain permintaan pasar yang tinggi, ternak kelinci juga tergolong usaha yang tidak taerlalu sulit dan tidak membutuhkan biaya yang besar,  sehingga tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk berternak kelinci.

Seperti halnya beternak hewan lain, untuk berternak kelinci kita juga harus memahami beberapa hal agar kelinci yang kita pelihara dapat berkembang biak dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit kelinci. Berikut hal hal yang perlu kita pahami jika ingin berternak kelinci.

1. Melihat Potensi Pakan

Dalam terbak kelinci terdapat dua jenis pakan yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami yaitu berupa rumput rumputan atau sayur sayuran seperti wortel, kangkung, bayam dan sebagainya. Sedangkan pakan buatan ialah pelet atau pur.

Baca juga : cara ternak sapi agar produksi setiap tahun

Sebelum berternak kelinci kita harus memahami potensi pakan yang ada di lingkungan sekitar kita, agar kita tidak kesulitan saat mencari pakan untuk kedepannya. Jika kita berada didaerah perkotaan yang mayoritas sudah jarang terdapat rumput rumputan, maka kita bisa menggunakan pakan buatan berupa pelet atau pur.

2. Memilih Bibit Kelinci yang Berkualitas

Dalam memilih bibit kelinci kita harus memilih bibit kelinci yang memiliki kualitas yang bagus, hal ini sangat berpengarus besar bagi perkembangan kelinci yang kita pelihara. Bibit kelinci yang bagus biasanya tidak memiliki cacat tubuh dan bulunya terlihat bersih dann halus.

Tak hanya itu, garis keturunan kelinci juga sangat berpengarus, ada baiknya kita memiliki bibit kelinci yang indukannya yang memiliki rata rata anakan yang banyak. Karna umumunya kelinci yang bagus akan melahirkan anakan enam ekor samapi delapan ekor dalam sekali melahirkan.

3. Perawatan Kelinci Agar Terhindar dari Penyakit

Agar kelinci yang kita pelihara terhindar dari penyakit, kita harus memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan kandang dan pakan kelinci. Kebersihan kadang memiliki peranan utama dalam kesuksesan peterakan kelinci kita. Kandang yang bersih membuat kelinci kita terhindar dari berbagai penyakit dan virus.

Baca juga : Cara membuat comboran sapi yang baik dan benar

Selain kebersihan kandang, kita juga harus memperhatikan pakan kelinci, jika pakan kelinci berupa rumput atau sayuran maka sebaiknya kita jemur pakan tersebut terlebih dahulu, hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan getah yang terdapat pada pakan tersebut.

4. Cara Memasarkan kelinci

Setelah melihat potensi pakan, memelih bibit yang bagus dan mengetahui cara perawatan kelinci, langkah selanjutnya ialah mempelejari cara memasarkan kelinci. Dalam memasarkan kelinci kita harus mengetahui kelinci yang kita pelihara tergolong kelinci hias atau kelinci pedaging.

Jika kelinci yang kita pelihara tergolong kelinci pedaging maka kita bisa menjualanya pada ruamah makan atau penjual sate kelinci. Sedangkan jika kelinci yang kita pelihara tergolong kelinci hias maka kita bisa menjulanya pada pencinta hewan atau pengepul kelinci.

Atau jika peternakan kelinci kita sudah lumayan besar maka sebaiknya kita menjalin kerja sama atau menjadi mitra bagi peternak kelinci yang sudah besar sehingga mereka dapat menampung kelinci kellinci yang kita produksi

Berternak kelinci sesungguhnya bukanlah hal yang sulit namun dibutuhkan keuletan dan tekat yang kuat dalam menjalininya. Jika kita gagal maka jangan langsung berputus asa anggap saja hal tersebut merupakan proses pembelajaran yang harus kita lewati.

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda