ciri ciri sapi birahi

Ciri Ciri Sapi Birahi dan Waktu yang Tepat Untuk Di IB

Bukainfo.net –  Bagi kita yang memelihara sapi betina pasti sering melihat sapi kita birahi, namun tak jarang banyak belum paham tentang ciri ciri sapi birahi dan waktu yang tempat untuk meng IB sapi tersebut. Karna hal tersebut, membuat banyak peternak pemula yang mengalami kegagalan saat IB (Inseminasi Buatan).

Sebelum membahas lebih lanjut, kita harus tau apa itu IB (Inseminasi Buatan).  Inseminasi buatan atau yang lebih sering kita kenal dengan kawin suntik merupakan proses pemasukan mani (sperma) kedalam saluran alat reproduksi sapi betina menggunakan alat yang disebut ”insemination gun”.

Saat melakukan IB kita harus jeli melihat kondisi sapi supaya kita bisa menentukan saat yang tepat untuk melakukan IB. Nah… Biasanya tak sedikit para peternak belum paham tentang hal tersebut, sehingga sering mengalami kegagalan.

Baca Juga : Cara mengatsi sapi gagal hamil saat IB

Sapi betina yang normal umumnya akan mengalami siklus birahi 18 – 21 hari sekali. Saat proses birahi tersebut terdapat beberapa tahapan tahapan yang penting untuk kita ketahui, supaya kita bisa tau saat yang tepat untuk meng IB sapi kita.

Berikut tahapan tahapan birahi pada sapi

1. Proestrus

Pada fase proestrus maka uterus mengalami peningkatan suplai darah dan cairan mucus mulai terakumulasi di dalam lumen uterus 3 hari menjelang ovulasi.

2. Estrus

Pada fase ini sel sel endometrium mengalami penebalan hingga 2,5 kali dari volume normalnya akibat dari pengaruh hormon estrogen. Di bagian ovarium terdapat folikel yang sudah matang yang akan bertahan selama 12 – 18  jam setelah tanda tanda perubahan perilaku sapi (menaiki sapi lain).

3. Metestrus

Periode ini dimulai setelah terjadinya ovulasi, dan ovarium mulai membentuk Corpus Luteum (CL) yang masih berukuran kecil namun berisi cairan.

4. Diestrus

Selama masa diestrus, uterus berubah menjadi homogenous. Cairan di dalam uterus menjadi sedikit bahkan tidak ada. Korpus luteun juga menjadi lebih besar dan tidak mengandung cairan, dan hal ini juga menandakan berakhirnya satu siklus birahi pada saluran reproduksi betina.

Baca Juga : Ciri Ciri Sapi Majir dan cara mengatasinya

Setelah mengetahui tahapan tahapan birahi pada sapi di atas, dapat kita simpulkan bahwa fase yang tepat untuk melakukan IB ialah pada fase Estrus. Pada fase ini sapi mengalami puncak birahi dan akan berlangsung hingga 12 – 18 jam. Biasanya pada fase ini terdapat beberapa ciri ciri pada sapi,

Berikut ciri ciri sapi birahi

  • Terlihat vulvanya (alat kelamin) dengan istilah 3 A (abang aboh dan angat)
  • Keluar lendir dari vagina
  • Gelisah (menaiki sapi lain atau kandang)
  • Gembor gembor atau bengok bengok
  • Vulva (alat kelamin)  bengkak dan hangat warna kemerahan
  • Saat dinaiki pejantan atau sapi lain diam saja
  • Ekor sapi sering diangkat ke atas

Nah itulah ciri ciri sapi yang siap untuk di IB, Setelah sapi berhasil di IB pada waktu yang tepat, maka kemungkinan keberhasilan proses IB pun akan semakin tinggi. Untuk mengamati hal tersebut kita harus mengamati sapi yang telah di IB setelah 18 – 21 hari. Jika sapi tidak mengalami tanda tanda birahi, berarti sapi tersebut telah berhasil di IB atau telah hamil.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda