Edukasi, Teknologi

KIP Kuliah 2021 – Cek Cara Daftar, dan Persaratannya

kip kuliah

Bukainfo.net – KIP kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan program bantuan pemerintah yang di tujuakan kepada mahasiswa yang kurang mampu.

program ini juga bertujuan untuk memeratakan tingkatan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini sudah banyak mahasiswa dan calon mahasiswa yang mendapat menfaat dari program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. 

Dengan mengikuti program Kartu Indonesia Pintar Kuliah kita akan mendapat keringanan dalam membayar uang kuliah. Tak jarang juga banyak yang bisa berkuliah secara gratis tanpa membayar sepeser pun dan mendapat uang subsidi biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00

Pembiayaan KIP Kuliah

KIP-Kuliah memberikan pembiayaan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KIP-Kuliah tidak di kenakan biaya.
  2. Bebas biaya pendidikan yang di bayarkan kepada perguruan tinggi
  3. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang di sesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Baca Juga : SNMPTN 2021 cek cara daftar dan persyaratannya

Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima KIP-Kuliah di luar ketentuan tersebut bisa melapor ke Helpdesk KIP Kuliah.

Apa saja persyaratan KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2021 sebagai berikut :

  1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Keterbatasan ekonomi di buktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat di berikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Tidak memiliki KIP atau KKS, Apakah bisa mendaftar KIP Kuliah

Dalam hal siswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mengikuti program KIP-Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang di buktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali di bagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Puslapdik Kemendikbud menetapkan penerima KIP-Kuliah berdasarkan usulan PT setelah siswa melakukan registrasi ulang.

Cara mendaftar KIP-Kuliah

berikut cara mendaftar KIP-Kuliah, simak baik baik yaa!!

  1. Login di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih daftar dan masukan email
  3. Lihat username dan password yang diberikan melalui email
  4. Isi semua data yang di minta oleh pihak pelaksana

Pendaftaran KIP Kuliah pada 2021 belom di buka, Pantau terus di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ untuk melihat perkembangannya.

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda