Teknologi

Kuotamu cepat habis,, Ini penyebapnya!!

kuotamu cepat habis

bukainfo.netSalah satu kebutuhan yang harus dipenuhi di era kekinian adalah paket data atau kuota internet namun kadang kala kuota kita habis dengan begitu cepat. Penyebab   adalah pemakaian yang tidak terkontrol dan sebab lainnya, jika penyebab boros kuota internet tersebut tidak segera diatasi, bisa membuat pengeluran untuk membeli kuota internet menjadi terlalu berlebihan.

Belum lagi di masa pandemi seperti sekarang ini kebutuhan akan kuota internet menjadi sangat penting. Hampir semua kegiatan bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan internet. Seperti belajar dirumah yang tentu saja membutuhkan kuota interet.

Sebenarnya, penyebab boros  kuota internet  ini bisa di atasi, kamu tidak perlu bingung mengenai apa saja penyebab boros  kuota internet  tersebut. Di bawah ini bukainfo.net sudah merangkum penyebab boros kuota internet yang bisa Anda hindari.

1. Sinkronisasi Otomatis

Pada smartphone keluaran terbaru terdapat fitur laporan otomatis yang biasanya sudah diaktifkan secara default. Fitur ini berguna untuk membuat berbagai data yang ada di server tetap sinkron dengan data yang ada di smartphone milikmu.

Memang betapapun penting ftur ini? Tentu saja sangat penting, sebab fitur ini untuk menjaga data-data yang kamu miliki tetap aman jika ponselmu hilang atau rusak.

Namun , jenis data yang disinkronisasi berupa foto atau video, dan tentunya membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Agar kuotamu tidk cepat habis, kamu hanya perlu mematikan fitur sinkronisasi otomatis di menu pengaturan dari smartphonemu.

Baca juga :https://bukainfo.net/peluang-usaha-didesa/

2. Update Otomatis

Pengguna Android pasti punya aplikasi Play Store atau app store  yang digunakan untuk mendownload aplikasi. Aplikasi tersebut memiliki fitur update secara berkala pada berbagai jenis aplikasi yang terpasang pada smartphone milikmu.

Asal tahu saja, hampir semua aplikasi sosial media dan lainnya selalu mengalami pengembangan fitur setiap harinya. Kamu bisa bayangkan ketika memiliki aplikasi lebih dari lima dan diupdate secara bersamaan, tentu saja kuota internetmu akan habis dalam waktu singkat.

Karenanya, penting juga untuk mematikan update otomatis. Untuk melakukan hal itu kita bisa membuka setting di Play Store dan pilih do not auto-update apss

3. Tidak Mengecek Penggunaan Kuota

Ketika data internet pada smartphone dinyalakan, maka secara otomatis jaringan internet juga terbuka. Itulah mengapa, kamu harus mengecek kuota setiap harinya.

Dengan mengecek kuotamu secara berkala kamu akan tau berapa sisa kuotamu dan pemakaian setiap harinya. Cara mengceknya juga berbeda-beda, sebab setiap merek smartpone memiliki fiturnya sendiri untuk mengecek penggunaan internet.

4. Tidak mematikan aktivitas background dengan data seluler

Beberapa aplikasi dibuat berjalan otomatis di belakang layar. Artinya, aplikasi ini berjalan sendiri meski kamu tidak membukanya. tentu saja kuota internetmu terpakai oleh aplikasi tersebut.

Oleh karena itu untuk menghemat kuota kita perlu mematikan seluruh aktivitas dibelakang layar dengan cara buka pengaturan penggunaan data tekan tombol menu overflow lantas pilih Restrict background data.

5. Game Online

Game online menjadi salah satu penyebab kuotamu cepat habis. Memang tidak semua game online memakan banyak kuota, ada beberapa permainan yang hanya memakan beberapa MB kuotamu.

Namun jika  game berjenis real time action, didukung dengan animasi atau grafik tinggi dan kualitas hd, game jenis ini mampu membuat kuota internet kalian cepat habis.

6. Tidak membatasi penggunaan kuota internet

Dengan banyaknya aplikasi yang terinstal di smartphone, khususnya sosial media tentu membuat kita silih berganti membuka entah itu sekedar notifikasi, berkomentar, upload hingga download foto.

Tak terasa, semua aplikasi tersebut menghabiskan kuota internet kita. Jadi kita perlu perlu mengontrol pemakaian kuota internet dengan cara membatasi penggunaan data setiap harinya

7. Streaming video dan musik yang sama berulang-ulang

Streaming saat banyak digemari oleh banyak kalangan,streaming bisa dilakukan  lewat youtube,atau bisa dilakukan di situs-situs lain seperti DramaId.com, layarkaca21, dan lainnya.

Selain streaming video, layanan streaming musik juga mulai banyak digemari oleh semua kalangan. Terbukti dengan adanya aplikasi streaming musik seperti Joox dan Spotify.

Tapi perlu diingat bahwa membutuhkan banyak kuota internet, meski hanya video atau audio, penggunaan kuota saat menggunakan aplikasi  streaming  musik dengan  streaming  video cukup besar. Sehingga banyak menghabiskan kuota internet, menjadi penyebab kuota boros.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa membuat data internet cepat habis. Karena itu, penting ya guys untuk memperhatikan lagi hal-hal yang terlihat seperti di atas. Ketimbang belum apa-apa kuota internet raib, mending sedikit otak-atik untuk memaksimalkan kuota. Ya hitung-hitung juga penghematan agar uang kita nggak cuma buat kuota internet ya.

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda