makanan penyebab jerawat

Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Dihindari

Bukainfo.net – Jerawat merupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu khususnya bagi para remaja.  jerawat biasanya tumbuh karna kita kurang rajin atau malah dalam merawat kulit. Tak hanya itu, ternyata terdapat beberapa makanan penyebab jerawat.

Sebenarnya jerawat biasa terjadi karena peyumbatan pori pori oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak berlebih. Akan tetapi, banyak para ahli yang mengatakan beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Baca juga : cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Apakah benar makanan bisa menyebabkan jerawat

Beberapa makanan mengandung zat yang bisa mempengaruhi hormon sehingga dapat meyebabkan produksi minyak berlebih. Kondisi ini sering terjadi pada anak usia remaja, karena pada usia remaja sistem hormon dalam tubuh belum stabil sehingga dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Beberapa makanan penyebab jerawat

Berdasarkan beberapa penelitian terdapat makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal tersebut beberapa makanan memang mengandung suatu zat yang dapat memicu timbulnya jerawat. Berikut beberapa jenis makanan penyebab jerawat.

1. Makanan Tinggi Gula

makanan penyebab jerawat

Beberapa makanan yang memiliki tinggi gula seperti permen, kue, minuman bersoda, sereal instan, coklat dan lain lain ternyata sangat memicu tumbuhnya jerawat. Hal tersebut karna makanan tinggi gula akan memicu produksi minyak berlebih pada kulit sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

2. Makanan yang mengandung susu

makanan penyebab jerawat

Sejak dahulu susu memang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini terjadi karena makanan yang mengandung susu memiliki kadar lemak yang rendah dan kadar gula yang tinggi sehingga sangat memicu tumbuhnya jerawat.

Baca juga : cara menghilangkan komedo dengan mudah

Makanan yang mengandung susu akan meningkatkan hormon insulin IGF-1 yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Sebaiknya anda sedikit mengurangi makanan dengan kandungan susu seperti keju dan  eskrim agar terhindar dari jerawat

3. Makanan Cepat Saji

makanan penyebab jerawat

Makanan cepat saji biasanya mengandung sus, garan dan gula yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Orang yang mengonsusmi makanan seperti sosis, naget, dan burger akan 25% lebih tinggi memiliki wajah berjerawat.

Tak hanya itu, makanan cepat saji biasanya mengandung banyak minyak  yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.

4. Coklat

Tak dapat dipungkiri coklat juga merupakan makanan yang menyebabkan jerawat, hal ini karna coklat mengandung  tinggi gula sehingga bisa menyababkan jerawat.

Baca juga : kebiasaan sepele yang berpengaruh bagi kesehatan

Coklat juga akan memperparah konsisi kulit yang berjerawat karena coklat dapat melepaskan protein interluekin -1b dan IL -10. Hal ini akan membuat manimbulkan bakteri penyebab jerawat sehingga.

5. Makanan Tinggi Omega-6

Beberapa makanan tinggi omega-6 seperti jagung dan kedelai ternyata dipercaya dapat menimbulkan jerawat. Makanan tinggi omega-6 enam akan memperparah peradangan pada kulit singga akan memperparah kondisi kulit yang berjerawat.

6. Lemak Trans

Lemak trans merupakan lemak yang dari minyak yang sudah digunakan berulang kali sehingga tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan jerawat.

 

Sebaiknya kita lebih bijak dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi agar dapat terhindar dari jerawat. Ada baiknya kita perbanyak makanan seperti sayur sayuran dan buah buahan yang baik untuk kesehatan sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Sebenarnya jika kita menjani gaya hidup sehat dengan rajin mencuci wajah atau area yang berjerawat niscahya anda akan terhindar dari jerawat.

Jika anda sudah memiliki wajah yang berjerawat sebaiknya anda berkonsultasi ke pada dokter agar jerawat anda tidak semakin memburuk.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran selakan tulis di kolom komentar.

Salam adminc bukainfo.net

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda