manfaat garam

Manfaat Garam Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Bukainfo.net –  Garam memiliki banyak sekali manfaat jika di konsumsi dengan jumlah cukup. Salah satu manfaat garam yang paling umum ialah mencegah penyakit gondok atau pembengkakan di leher.

Namun tak dapat di pungkiri jika kita mengkonsumsi garam secara berlebih maka akan berakibat kurang baik untuk kesehatan kita. Akan tetapi, jika kita tidak mengonsumsi garam tentu akan berakibat kurang baik pula bagi kesehatan.

Baca juga : Sering telat makan ? ini bahaya yang mungkin terjadi

Tentu hal ini mengundang banyak pro dan kontra di dalam dunia kesehatan, karna dibalik menfaat garam terdapat bahaya pula di dalamnya.

Namun jika kita mengkonsusmsi garam dengan takaran yang pas maka segala bahaya yang di akibatkan oleh garam tidak akan berpengaruh pada tubuh kita.

Manfaat garam bagi kesehatan

Manfaat garam yang mengandung iodium bagi tubuh memang sangat vital, salah satunya adalah berperan dalam produksi hormon tiroid. Selain itu, garam memiliki manfaat sebagai berikut :

Mencegah gangguan perkembangan

Kurang mengonsumsi garam bisa berakibat kurang baik bagi ibu hamil. Mengonsumsi garam  yang terlalu sedikit bisa mengakibatkan janin mengalami gangguan perkembangan otak dan gangguan mental dan fisik.

Oleh karna itu, mengonsumsi garam yang cukup sangat di anjurkan bagi para ibu hamil dan anak anak.

Menjaga kesetabilan cairan tubuh

Mengonsumsi garam membuat seseorang lebih mudah berkeringat dan mampu menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan terhindar dari dehidrasi.

Tak hanya garam kita juga harus mengonsumsi air yang cukup untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan mencegah dehigrasi.

Memelihara fungsi organ tubuh

Kandungan natrium pada garam sangat berperan penting dalam pengiriman impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh dan koordinasi jaringan otot. Hampir semua fungsi dari jaringan saraf dan otot akan berjalan optimal jika kebutuhan garam terpenuhi dan keseimbangan cairan tubuh terjaga.

Oleh sebab itu, kita sangat di anjurkan untuk mengonsumsi garam dengan jumlah yang cukup untuk menunjang kesehatan tubuh.

Menigkatkan IQ (IntelligenceQuotient) pada anak anak

Garam sangat penting bagi anak anak usia dini, terutama usia 3-5 tahun. Beberapa studi menyebutkan bahwa anak yang kekurangan garam beriodium memiliki IQ yang lebih rendah.

Baca juga : ini manfaat kopi bagi kesehatan

Oleh karna itu, sangat di anjurkan bagi anak anak usia dini untuk mengonsumsi garam dalam jumlah yang dan namun tidak berlebiahan.

Jumlah Garam yang dibutuhkan oleh tubuh

Mengonsumsi garam yang pas bagi tubuh harus disesuaikan dengan tepat sesuai usia dan kebutuhan tubuah.

Semakin muda mak semakin sedikit pula asupan garam yang di butuhkan tubuh. Berikut rekomendasi asupan garam yang tepat sesuai usia dan kebutuhan tubuh :

Untuk anak anak usia di bawah satu tahun sangat di anjurkan mengonsumsi garam kurang lebih 1 gram per hari.

Lalu Untuk anak anak usia 1-3 tahun sangat di anjurkan mengonsumsi garam kurang lebih 2 gram per hari.

Untuk anak usia 4-6 tahun, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 3 gram per hari atau setara dengan 1,2 gram natrium.

Usia anak 11 tahun ke atas dan orang dewasa, konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 6 gram per hari atau setara dengan 2,3 gram natrium. Untuk penderita gangguan jantung, disarankan membatasi asupan natrium hingga 1,5 gram per hari.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda