Teknologi

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Kamu

android

bukainfo.net – Berikut saya berikan cara mempercepat Kinerja Smartphone mu, untuk androidmu yang mengalami penurunan performa setelah 6 sampai 12 bulan pemakaian?

Smartphone mu menjadi sangat lambat, aplikasi tidak terbuka dengan cepat, keyboard memiliki jeda saat di sentuh, dan efek animasi tidak lancar, atau lebih parahnya lagi smartphone sering crash.

Sebagian orang langsung berfikir bahwa sudah saatnya untuk melakukan upgrade smartphone ke yang baru, tapi apakah kamu memiliki uang berlebih?

Maka dari itu, kami memiliki tips untuk mempercepat performa smartphone mu hingga hapir seperti baru.

 

Baca Juga : Cara Mempercepat Windows 10

 

Hal Yang Tidak Akan Berhasil

Membersihkan Aplikasi di App Switcher

Kamu pasti berfikir bahwa membersihkan aplikasi di app switcher akan meningkatkan performa. App switcher hanyalah menunjukkan aplikasi yang terakhir kali kamu pakai.

Itu akan membuat RAM lega, namun hanya sementara. Saat ini, android memanajemen system resource dan penggunaan RAM dengan baik.

Sistem Operasi ini akan otomatis menghentikan dan menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk meningkatkan penggunaan RAM dari aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Faktanya, menutup aplikasi di app switcher sebenarnya dapat memperlambat smartphone mu. Aplikasi yang disimpan di RAM lebih cepat dibuka daripada aplikasi yang ditutup seluruhnya.

Jika kamu membuka aplikasi yang tidak ada di app switcher, smartphone akan sedikit memakan waktu untuk membukanya dari awal.

Menutup aplikasi di app switcher harus di lakukan jika aplikasi tidak berfungsi dengan baik, dengan ini aplikasi akan di-boot ulang untuk melakukan refresh aplikasi.

 

Tips Yang Akan Bekerja

Uninstall dan disable/matikan aplikasi yang tidak digunakan

cara mempercepat Kinerja Smartphone yang pertama, banyak aplikasi android yang berjalan di background(latar belakang). Beberapa ada yang memang anda gunakan, namun juga ada yang tidak kamu inginkan. Background Apps mengonsumsi penggunaan CPU, dan membuat baterai cepat habis.

Cara tebaiknya adalah dengan meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak anda butuhkan, dan hapus game yang sudah tidak kamu mainkan.

Namun ada juga aplikasi yang tidak dapat dihapus, seperti aplikasi bawaan/bloatware dari smartphone.

Kamu hanya bisa melakukan disable atau mematikan aplikasi tersebut, lakukan “disable” kepada aplikasi yang tidak anda gunakan.

 

Mematikan efek animasi

Salah satu cara untuk membuat smartphone mu terasa lebih cepat adalah mematikan efek animasinya.

Banyak smartphone menggunakan efek animasi atraktif dengan waktu yang lumayan lama untuk meningkatkan nuansa visual sistem operasi mereka.

Aplikasi akan terasa lebih cepat saat dibuka dan layar akan terasa sangat responsif saat efek animasi sudah dimatikan.

Kamu akan langsung merasakan perbedaan antara menggunakan animasi dengan tidak. Aku serius, smartphone mu pasti akan terasa jauh lebih cepat.

untuk melakukannya, pertama kamu harus mengaktifkan Developer Options(Mode Pengembang). setiap smartphone memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkannya.

Namun, pada intinya kamu harus mencari build number(nomor pengembang). tekan nomornya berkali-kali hingga muncul pop-up “anda sudah menjadi pengembang”.

Kemudian masuk ke mode pengembang, dan cari tiga opsi ini : window animation scale(Skala jendela animasi), transition animation scale(Skala animasi transisi), dan animation duration scale(Skala durasi animator).

Matikan ketiga opsi tersebut, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

 

Kosongkan ruang penyimpanan smartphone mu

Jika penyimpanan internal mu hampir penuh, smartphone akan melambat bersamaan dengan lambatnya performa penyimpanan.

Performa penyimpanan internal (ROM) bisa menjadi faktor dari kecepatan membuka aplikasi, dan kecepatan smartphone mu.

Banyak aplikasi yang menggunakan cache untuk mempercepat kinerjanya. Namun, jika semua aplikasi demikian maka hanya akan memenuhi ruang penyimpanan dan performa dari smartphone mu akan melambat. Karena itu, anda harus mengosongkan penyimpanan.

Menghapus junk(sampah) juga dapat meningkatkan performa. Namun, cara terbaiknya yaitu dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan seperti yang saya anjurkan di atas.

Memindahkan foto dan video ke PC atau cloud juga dapat menjadi opsi. Jika kamu tidak mau sedikit kerepotan, membersihkan cache menjadi opsi alternatif.

Jika kamu masih memiliki ruang penyimpanan yang masih lega, tidak dianjurkan untuk menghapus file cache karena dapat membantu kinerja smartphone.

Namun jika ruang penyimpananmu hampir habis, sangat dianjurkan untuk menghapus cache.

 

Hapus widgets yang tidak diperlukan

tips ini sangat mudah. Widgets di jendela utama dapat memakan performa sistem dan membuat aplikasi tetap berjalan di background.

Jika kamu memiliki banyak widgets, kami menyarankan untuk menghapus beberapa untuk meningkatkan performa smartphone mu.

 

Melakukan reset smartphone

Ini akan menjadi opsi terakhir dari mempercepat Kinerja Smartphone mu tetap terasa lambat, dan kamu tidak mau membeli smartphone baru.

namun, sebelum melakukan factory reset(mengembalikan ke setelan pabrik) kami harapkan kamu sudah memindahkan data penting dari smartphone mu. Karena aplikasi dan juga datamu(opsional) akan terhapus nantinya.

Penempatan fitur factory reset berbeda di setiap tipe smartphone, namun biasanya terdapat di backup and reset (cadangkan dan pulihkan) menu.

 

Itulah beberapa tips dari kami, semoga tips ini bermanfaat dan juga berikan tanggapanmu di kolom komentar jika sudah mencobanya.

3.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yoga
Yoga
6 months ago

Artikel ini sangat bermanfaat, 100% Work.

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda