Posisi Sepak Bola: Angka, Peran Pemain & Formasi Dasar

formasi dan peran dari posisi pemain sepak bola

bukainfo.net – posisi pemain sepak bola, ada banyak orang yang menyukai sepak bola, namun tidak semuanya mengetahui peran dan juga posisi dalam bermain, apakah kamu salah satunya?

pengaturan posisi dalam bermain sepak bola sangatlah penting, setiap posisi memiliki peran yang penting agar permainan dari tim tersebut berjalan dengan baik.

posisi dan formasi sepak bola dapat bervariasi berdasarkan beberapa faktor contohnya liga, dan strategi yang digunakan. Kami akan menjelaskan posisi standar dari posisi defensif(pertahanan), lini tengah, dan ofensif(penyerang).

 

Baca juga : Sejarah dari Klub Sepakbola Chelsea!!!

 

Pembagian Nomor

saat kamu menonton sepak bola, kamu mungkin pernah mendengar seorang komentator berkata seorang pemain “bermain seperti nomor 10” padahal ia “bermain di nomor 6”.

tahukan kamu bahwa penomoran setiap posisi ditemukan pada tahun 1920-an? walaupun pada awalnya para pelatih tidak semuanya menggunakan sistem ini.

mengetahui nomor posisi dapat membantu menginformasikan pemahamanmu tentang permainan. Sekolah sepak bola menggunakan nomor posisi untuk mengajari pemain muda tentang peran dan bahasa komunikasi saat di lapangan.

sebuah nomor diberikan untuk setiap posisi saat kamu menerapkannya di formasi, kamu dapat mengidentifikasi di mana pemain ditempatkan di lapangan. Seperti ini biasanya pemberian nomor dari setiap posisi :

1 – GK (Goalkeeper)

2 – RB (Fullback Kanan)

3 – LB (Fullback Kiri)

4 – CB (Center Back)

5 – CB (atau Sweeper, jika diperlukan)

6 – DM (Defending Midfielder)

7 – RW (Winger/Midfielder Kanan)

8 – CM (Central Midfielder/Box-to-Box)

9 – CF(Center Forward/Striker)

10 – AM (Attacking Midfielder/Playmaker)

11 – LW (Winger/Midfielder Kiri)

 

Peran Bermain

setiap posisi memiliki peran dan tugasnya sendiri. Namun, tidak berarti bahwa pemain hanya berada di zonanya saja.

saat setiap pemain individu dapat bermain sebagai tim, maka permainan akan menjadi lebih solid dan terampil dalam strategi. Berikut peran dari setiap posisi :

Posisi Defensif (Pertahanan)

1. GK (Goalkeeper)

kiper merupakan pertahanan terakhir untuk menghentikan lawan mencetak gol, bertugas menjaga gawang. Satu-satunya pemain yang diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan, namun aturan itu hanya berlaku di area kotak penalti.

Ketika kiper melewati kotak penalti, Ia berfungsi sebagai pemain biasa. Selain itu, Ia tidak boleh menyentuh bola secara langsung dengan tangan jika rekan satu tim yang mengumpan.

Kiper mengenakan warna seragam yang berbeda dari tim rekan ataupun lawan, sehingga dapat orang dapat membedakannya dari posisi lainnya.

2. Defender/Bek

pemain yang bertanggung jawab melindungi kiper, memblokir tembakan, menghentikan penyerang lawan agar tidak dapat menciptakan gol. Berikut beberapa tipe dari pemain defensif :

  • CB (Center Back) 4/5 : juga dikenal bek tengah, berposisi di tengah garis pertahanan.
  • RB/LB (Fullback) 2/3 : bek belakang yang berada di sisi kiri dan kanan lapangan, disebut juga bek sayap. Biasanya bermain melebar untuk menjaga sisi lapangan, posisi ini akan sering naik turun untuk membantu serangan.
  • LWB/RWB (Wingback) 2/3 : mirip seperti Fullback namun lebih ofensif, seperti winger.
  • SW (Sweeper) 5 : posisi ini tidak umum sekarang ini. Pemain ini memposisikan diri di antara penjaga gawang dan garis pertahanan. Tugasnya menyapu setiap bola yang melewati punggung pertahanan.

 

Midfielder/Gelandang

Gelandang, kebanyakan bermain di tengah lapangan. Gelandang memiliki peran penghubung antara pertahanan dan penyerang, mengalihkan bola dan memastikan semuanya bergerak secara lancar.

  • DM (Defensive Midfielder) 4/6 : gelandang bertahan, berposisi di depan defender. Bertugas menjaga bola di luar zona, memotong umpan lawan, membantu serangan dengan menjaga bola di zona lawan, mengelola rebound dan mengoper ke depan.
  • CM (Central Midfielder) 8 : peran yang memaksa pemain untuk bekerja keras. Pemain ini harus siap beraksi dan dapat bermain secara defensif maupun ofensif, tergantung dimana bola berada. Bertanggung jawab untuk mendistribusikan bola ke pemain lain, membutuhkan keteramplian mengoper bola. Pemain ini terkadang berbaris dengan nomor 6 dalam posisi defensif, dan dengan 10 dalam posisi ofensif.
  • AM (Attacking Midfielder) 10 : Gelandang serang, harus bisa mencetak gol dan menusuk ke garis pertahanan lawan. Posisi ini kerap bertugas sebagai pengatur serangan, dan menciptakan peluang. Disebut juga sebagai playmaker.
  • LM/RM (left/Right Midfielder) 11/7 : winger atau gelandang sayap, biasanya melebar untuk menarik pertahanan lawan ke luar agar tercipta ruang bagi penyerang. Memiliki keterampilan 1-vs-1 untuk mengatasi bek kiri/kanan lawan, posisi ini harus memliki kecepatan dan stamina yang banyak.

 

Offenvise/Penyerang

penyerang, berposisi paling dekat dengan gawang lawan. Tujuan utamanya adalah mencetak gol sebanyak mungkin, pemain ini biasanya yang tercepat dan memiliki penguasaan bola tinggi. Dapat melakukan tembakan dari segala sudut.

  • CF (Center Forward) 9 : fokus untuk mencetak gol, mampu menggiring bola melewati lawan, dan dapat melakukan sundulan. Harus berada di posisi yang terbuka agar dapat menerima umpan.
  • SS (Second Striker) 10 : berada di belakang striker, memberi peluang agar striker dapat menciptakan peluang. Second Striker harus melakukan tembakan ke gawang lawan saat mendapatkan peluang, pemain ini juga memiliki sundulan yang baik.

 

Contoh Formasi Sepak Bola

Sepak bola saat ini cenderung menyukai formasi 4-3-3. Umumnya, nomor 8 dalam formasi ini bermain sebagai box-to-box.

 

Formasi lainnya adalah 4-4-2. Namun, kerap ada yang menyebut bahwa formasi ini sedikit kaku di lini tengah.

ini hanyalah beberapa contoh formasi umum, setiap pelatih memiliki gaya berbeda dalam memilih dan mengatur formasi.

 

semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang sepak bola, pemahamanmu tentang permainan akan meningkat seiring waktu. Sering-seringlah untuk berlatih dan nikmatilah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda