tanaman obat

Tanaman Obat Yang Wajib Ditaman Dihalaman Rumah

Bukainfo.net – Sebelum mengenal dunia medis, orang orang zaman dahulu menggunakan obat obatan yang di buat dari tanaman. Banyak sekali tanaman obat yang sering di jumpai di sekitar kita.

Dari sekian banyak tanaman obat yang ada di indonesia mungkin kita hanya mengetahui beberapa saja, atau bahkan tidak mengetahui sama sekali.

Lantas apa aja sih tanaman obat yang ada di sekitar kita ?  Namun sebelum mengenal apa saja tanaman obat, mari kita simak manfaat maanfaat dari tanaman obat ?

Manfaat tanaman obat bagi kesehatan

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa bagian dari tanaman obat yang dapat di gunakan untuk keperluan yang berbeda-beda, di antaranya:

1. Tanaman atau bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan obat herbal atau jamu.

2. Tanaman atau bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan utama bahan baku obat.

3. Tanaman atau bagian tanaman yang di ekstraksi dan ekstrak tanaman tersebut digunakan sebagai obat.

Tanaman obat memiliki banyak efek yang baik pada sistem metabolisme tubuh manusia. Diantaranya memberikan efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang.

Baca juga  : Inilah manfaat kopi bagi kesehatan

Oleh sebab itu, banyak masyarakat Indonesia menggunakan obat tradisional sebagai cara mengobati beberapa masalah kesehatan, seperti demam, batuk, pilek, flu, sakit kepala, sakit perut, gangguan pencernaan, masalah kulit, hingga insomnia.

Tanaman obat juga dapat di olah untuk berbagai macam kebutuhan, seperti industri makanan atau minuman, sebagai bahan pembuatan kosmetik, serta digunakan dalam industri spa tradisional.

Apa saja tanaman obat yang memiliki banyak manfaat ?

Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyatakan bahwa ada 15 jenis tanaman obat-obatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut diantaranya.

1. Jahe

Sudah tidak aneh lagi, jahe merupakan tanaman yang di percaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia.

Jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

Baca juga  : Inilah 5 manfaat garam untuk kesehatan

Jahe juga sering digunakan sebagai ramuan anti masuk angin, dan sebagai bahan alami penghangat tubuh di saat musim hujan.

Orang orang zaman dahulu mengolah jahe dengan memotong motong atau memukul hingga penyet  dan selanjutnya diseduh dengan air panas.

2. Kencur

Kencur merupakan tanaman rimpang yang masih berkerabat dengan jahe dan kunyit. Tanaman ini juga memiliki khasiat yang  banyak untuk kesehatan.

Tanaman ini bermanfaat sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita, serta mengatasi gangguan kesehatan, seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

Karna masing berkerabat dengan jahe, cara penyajiannya pun hampir sama dengan jahe. Namun tak jarang orang orang juma memanfaat kan kencur sebagai jamu beras kencur.

3. Kunyit

Kunyit sering di manfaatkan sebagai bumbu dapur atau bahan penyedap rasa, namun kunyi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

Manfaat kunyit bagi kesehatan mulai dari sebagai antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker.

Namun kunyit tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Ada beberapa efek samping mengkonsumsi kunyit seperti dapat memicu kenaikan asam lambung. Selain itu, asupan kunyit yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan masalah perdarahan.

4. Lidah Buaya

Tanaman ini di sebut lidah buaya karna memiliki bentuk yang menyerupai lidah buaya. Namun di balik bentuknya yang tidak biasa, lidah buya meyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Lidah buaya bermanfaat sebagai penyembuh lika, melancarkan pencernakan, dan sebagai ramuan kencatikan kulit.

Cara memanfaatkan lidah buaya dengan mengolahnya menjadi kolak atau es campur. Namun tak jarang lidah buaya juga bisa di konsumsi secara langsung.

5. Daun Sirih

Sejak zaman dahulu daun sirih di manfaatkan sebagai tanaman obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Daun sirih mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat di dalamnya.

Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung sejumlah zat kimiawi, seperti minyak sirih, chavicol, betelphenol, eugenol, terpene, dan campene. Inilah yang membuat daun sirih di kenal sebagai obat herbal dalam membantu pengobatan berbagai macam penyakit.

6. Temulawak

Tanaman yang masing berkerabat dekat dengan kunyit ini mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Temulawak sering di manfaatkan sebagai ramuan penambah nafsu makan, mengatasi perut kembung, dan gangguan lambung lainnya.

Cara penyajiannya pun hampir sama dengan jahe dan kunyit, yaitu dengan memotongnya kecil kecil atau memukulnya dan meyeduhnya.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengadung zat asam yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko faktor penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Namun jeruk nipis mengandung zat asam yang bisa menyebabkan rasa perih jika terkena luka seperti sariawan atau luka lainnya.

Selain itu, jeruk nipis juga tidak baik untuk orang yang memiliki penyakit maag atau memiliki asam lambung yang tinggi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda