Ekonomi

Tips Menanam Padi Agar Mendapat Hasil yang Melimpah

tips menanam padi

Bukainfo.net – Apakah anda seorang petani ? Yuk simak lebih lanjut agar tahu bagaimana tips menanam padi agar mendapat hasil panen yang melimpah.

Menanam padi sudah sangat mendarah daging  bagi sebagian besar mayarakat Indonesia. Namun tak jarang karna kurangnya pengetahuan banyak petani yang mengalami kegagalan panen.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan panen para petani seperti faktor alam dan faktor hama atau penyakit.

Baca Juga : Cara Sukses ternak burung puyuh

Oleh sebab itu, kami ingin membagikan beberapa tips agar tanaman padi sobat tani semua dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan penen yang banyak.

Berikut beberapa tips menanam padi agar mendapat hasil panen yang banyak. Yuk simak lebih lanjut ..!!

Tips menanam padi Agar Hasil Melimpah

Padi merupakan tanaman yang membutuhkan perhatian khusus agar dapat berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan untuk merawat padi dengan sebaik mungkin. Ada beberapa tips yang perlu sobat tani coba agar mendapat hasil panen yang banyak.

1. Memilih Benih yang Unggul

Benih yang unggul menjadi salah satu kunci utama keberhasilan dalam bertani padi. Benih yang baik biasanya  memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap hama atau penyakit.

Pakdetani merekomendasikan beberapa benih padi unggul yang bisa menjadi pilihan sobat tani semua.

Pakde tani merekomendasikan mapan 05 dan supadi. Benih padi tersebut telah terbukti lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit sehingga dapat meningkatkan hasil panen sobat tani semua.

2. Penanaman Benih Padi

Dalam menanam benih kita harus memperhatikan beberapa hal, seperti jarak tanam dan jumpah tanam per legowo.

Baca Juga : Cara budidaya ikan cupang dengan keuntungan puluhan juta 

Sebaiknya sobat tani memilih jarang tanam yang sedikit agak berjauhan sekitar 25 – 30 cm, dengan jarak tanam yang lebar maka jumlah anakan yang dihasilkan pun akan lebih bayak.

Selain jarak tanan yang perlu di perhatikan ialah jumlah legowo per baris tanam, sebaiknya sobat tani menggunakan 1 legowo per 4 baris tanam. Hal ini agar mempermudah sobat tani saat penyemprotan hama padi. Tak hanya itu, dengan lebih bayak jumlah legowo makan senar matahari pun akan menyinar sampai ke seluruh bagian padi sehingga dapat menghindarkan padi dari serangan hama.

3. Pemupukan Padi

Pemupukan yang baik akan menunjang perkembangan yang baik pula untuk tanaman padi. Sebaiknya pemupukan dilakukan 3 kali dalam satu periode tanam.

Pemupukan pertama dilakukan pada hari ke 3 – 5 setelah hari tanam.

Yang ke dua pada hari ke 25 – 30 setelah hari tanam.

Sedangkan yang ke tiga pada hari ke 45 -50 setelah hari tanam.

Sebaiknya pada hari ke 10 – 15 setelah hari tanam, tambahkan pula pupuk kandang  atau pupuk organik. Hal ini bertujuan agar tanah menjadi lebih gembur dan kesuburannya pun akan pertahan lebih lama.

5. Penyemprotan Hama atau Penyakit

Penyemprotan sebaiknya sudah di lakukan pada saat benih padi dalam penyemaian, hal ini akan membasmi hama agar tidak berkembang biak menjadi lebih banyak.

Baca juga : Tips ternak ayak potong 100% sukses

Lakukan penyemprotan lagi setelah selesai melakukan pemupukan, hal ini berfungsi agar tanaman terhindar dari penyakit atau hama dan mampu memaksimalkan penyerapan pupuk.

Lakukan penyemprotan sebelum hama atau penyakit terlihat,  karena penyakit atau  hanya akan terlihat jika jumlahnya sudah mulai banyak. Maka sebaiknya lakukan penyemprotan sebelum hama atau penyakit sudah benar benar banyak untuk menghentikan siklus pengembangbiakan hama atau penyakit.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan, semoga dapan menjadi manfaat bagi sobat tani semunya di seluruh Indonesia. Jika terdapat kritik atau saran silakan tulis di kolom komentar.

Maju terus petani Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda