Ekonomi

Usaha Sampingan di Rumah yang Cocok Buat kamu

usaha sampingan

 Bukainfo.net –  Semakin tingginya kebutuhan hidup membuat kita harus mencari usaha sampingan untuk memenuhi semua kebutuhan hidup kita. Kita harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari.

Jika kita renungkan selepas kerja banyak sekali waktu luang yang bisa kita manfaatkan, hanya saja kita sering mengikuti rasa malas sehingga membuat hidup kita masih begini bengini saja tanpa ada kemajuan.

Oleh karna itu, ada baiknya mulai saat ini kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar bisa mendapat pemasukan tambahan. Berikut beberapa peluang usaha sampingan yang bisa kita coba agar mendapat pemasukan tambahan.

1. Jualan Pulsa

Jual pulsa justru paling tepat di lakukan sebagai usaha sampingan. Karna peluang pemasarannya yang begitu luas seperti menjual kepada teman, tetangga atau saudara. Menurut berbagai sumber, seorang pebisnis pulsa skala besar di Jakarta memiliki omset hingga Rp20 triliun setahun.

Usaha besar tentu di mulai dari yang kecil lebih dahulu, dan Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini. Modalnya pun relatif kecil, yaitu mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan saja. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah, yaitu teman dan tetangga kita sendiri.

Baca juga : Cara ternak kelinci dengan omset hingga jutan rupiah

Bagaimana cara menjadi agen pulsa elektrik ini? Tiap provider pulsa elektrik punya ketentuan yang berbeda. Namun secara umum Anda cukup mendaftar dan melakukan deposit. Kemudian, saldo Anda bisa digunakan untuk transaksi semua produk. Untuk mendaftar, Anda bisa menggunakan formulir pendaftaran atau kirim SMS dengan format yang sudah ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, beberapa provider pulsa elektrik online, seperti istana-reload.com atau pulsamurahlengkap.com bisa menjadi referensi Anda.

2. Membuka Online Shop

Di zaman yang sudah serba online seperti sekarang ini, orang lebih memilih untuk berbelanja di online shop ketimbang pergi sendiri atau datang langsung ke toko, karena lebih mudah dan praktis. Gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser dari offline ke online.

Bisnis online sudah marak dan jadi tren di tengah masyarakat dengan bermunculan toko online yang menyuguhkan aneka barang menarik dengan berbagai promo yang di tawarkan para penjual.

Peluang ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sudah punya pekerjaan utama sebagai karyawan untuk memulai bisnis sampingan. Banyak jenis produk yang bisa dijual secara online, seperti makanan, pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga, gadget, dan sebagainya.

Dilansir dari berbagai sumber seorang  online shop bisa memiliki omset sehingga ratusan ribu hingga jutaan rupiah setip bulannya. Tentu dengan omset yang lumayan besar  tersebut bisa menjadi pemasukan tambahan yang menggiurkan.

3. Membuat Peternakan Kecil

Peternakan menjadi pilihan yang paling tepat untuk dijadikan sebagai usaha sampingan, banyak sekali bidang yang bisa kita pilih seperti berternak ayam, bebek, kambing, sapi, kelinci dan masih banyak lagi.

Agar usaha yang dilakukan terasa menyenanagkan tentu sebaiknya kita memilih bidang peternakan yang kita sukai, misalnya kita merupakan pencinta burung  kicau, maka sebaikya kita memilih untuk berternak burung kicau. Namun, bisa juga kita berternak hal yang masih berkaitan dengan dunia burung kicau misalnya berternak  kroto atau jangkrik.

4. Tempat Cucu Motor atau Mobil

Bisnis stem atau cuci kendaraan memang tak pernah sepi pelanggan. Bahkan banyak orang yang rela antre hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri.

Baca juga :  Cara meningkatkan omset bisnis online shop di facebook

Modal yang di keluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya di mulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus di miliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

5. Tempat Jahit

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu di ingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang di perlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar Rp2 jutaan saja.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
#M671073ScriptRootC1106199 {min-height: 300px;}

Tolong, matikan adblock anda…

Anda mungkin akan melewatkan beberapa hal yang anda suka dari iklan.

Juga, kami memerlukan uang demi berkembangnya website kami.

Demi berkembangnya website kami, tolong matikan adblock anda